Skip to main content

Mengenal Posisi Dalam Bola Basket


Dalam permainan bola basket, umumnya di mainkan 5v5 di atas lapangan. namun apakah anda sudah mengerti posisi para pemain di tiap lapangan ? ya, permaian yang di gemari oleh negara paman Sam ini juga di mainkan di berbagai benua dan negara. khususnya di indonesia itu sendiri.


bagi kamu, pecinta bola basket yang ingin tahu lebih jauh tentang basket, maka beberapa hal yang perlu anda pahami mengenai posisi para pemain di atas lapangan dan apa tugas setiap pemain di posisi tersebut.

dalam olahraga basket, terdapat 5 pemain di atas lapangan dengan komposisi sebagai berikut :


1. Point Guard (PG)
posisi ini biasanya bergerak seperti pemain belakang (quarterback) dalam permainan Football/Rugby mengatur permainan dan mengarahkan serangan. tugas lainnya adalah membawa bola di atas lapangan dan menyiapkan pola permainan.(setplay). oleh karena itu biasanya pemain di posisi ini adalah pendribel yang handal dan memiliki handling bola yang bagus serta bagus dalam memberikan umpan.
posisi ini sangatlah penting untuk kesuksesan tim. tanpa PG yang bagus akan banyak kesalahan yang di buat sehingga terjadi banyak pergantian penguasaan bola di lapangan dan akhirnya tidak dapat memenangkan kejuaraan.

2. Shooting Guard (SG)
penjaga yang satu ini memiliki tugas yang mirip dengan posisi PG sebelumnya, tetapi biasanya tidak membawa bola di atas lapangan untuk mengatur sebuah permainan atau set play, bisa juga di sebut dengan OFF Guard meskipun tidak mengatur bola dan permainan di atas lapangan untuk setup/setplay atau sebanyak yang di lakukan oleh PG sebagai playmaker, posisi ini juga sebenarnya dapat memainkan keduanya dengan baik.
Perbedaan terbesar dari PG dan SG ini adalah Shooting Guard adalah biasanya merupakan salah satu pencetak gol/angka terbaik dari timnya. mereka diandalkan lebih di sisi luar untuk mengambil lebih banyak tembakan (2pt/3pt) dari pada PG. seorang pemain yang dapat menggabungkan keterampilan dari kedua posisi ini (PG dan SG) adalah yang paling berbahaya.

3. Small Forward (SF)
hanya karena mereka di sebut "SMALL" bukan berarti mendefinisikan di depan mereka tidak berarti. mereka dikenal terutama karena kemampuan mencetak angka dan kemampuan Olah bola yang bagus.
posisi ini justru di tempati oleh pemain yang paling berbakat di lapangan.

4. Power Forward (PF)
pemain ini juga bisa di bilang Penyerang "Kuat" pemain ini biasanya lebih besar dan lebih kuat dari pemain lain dan di kenal karena ukuran, pertahanan dan rebound mereka yang sangat baik.

5. Center (C)
Posisi pada pemain ini sangatlah penting bagi Serangan dan Pertahanan, Center biasanya adalah pemain tertinggi di lapangan dan seringkali menjadi titik fokus dari pelanggaran tim mereka. tugas seorang center sama pentingnya dengan pertahanan Tim. mereka juga harus mempertahankan pemain center dari lawan. yang biasanya juga bisa di sebut Pemai Monster, serta memblok tembakan dan rebound.



dari penjelasan diatas, mungkin semua pecinta basket apalagi NBA sudah pada ngerti ya, bahkan familier dengan sebutan diatas. tetapi tak jarang juga yang masih belum memahami definisi dari tiap posisi tersebut meskipun sudah sering mendengar berbagai posisi tersebut.

semakin berkembangnya Olahraga dari tahun ke tahun, NBA pun semenjak tahun 2018 ke atas  sudah tidak terlalu menerapkan posisi tersebut, atau lebih fleksibel. seperti contoh, pemain NBA menurut statistik 3 point sukes banyak di lakukan oleh posisi lain selain Center, namun belakangan ini Center bukan lagi hanya sekedar rebounder dan monster di bawah ring, tetapi juga memiliki tembakan 3 point yang bagus, hal ini juga dapat menjadi senjata andalan tim di saat semua pemain tidak dapa menemukan jalan saat mendapat perlawanan yang ketat. 


maka dari itu, di NBA sekarang Pun lebih mengarah ke Positionless, atau tidak terlalu mementingkan sebuah posisi, dan berharap semua pemain  di lapangan dapat memiliki kemampuan yang sama dan merata. apakah anda setuju ? dan apakah di Indonesia atau di daerah anda akan seperti itu ?

ayo cari tahu !

Comments

Artikel Minggu Ini

Menjadi Pelatih Basket Lisensi C

How To Become a Elementary  Basketball Coach Mengenal Filosofi dalam melatih Bola Basket Tingkat SMP Se-derajat Bagaimana Menjadi seorang pelatih Basket tingkat dasar Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam olahraga, Kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu  yang saya miliki dalam hal bagaimana menjadi seorang pelatih basket, baik usia dini atau usia anak-anak dengan penjelasan materi dasar Penataran Lisensi Pelatih basket. Sebelum saya mulai ke materi inti, saya akan memperkenalkan latar belakang saya dalam dunia kepelatihan olahraga bola basket. Saya adalah seorang pelatih bola basket tingkat SMP sederajat di salah satu sekolah swasta di surabaya, saya melatih kurang lebih sudah sampai 3 tahun terhitung sejak  tahun 2013,

PERATURAN BASKET FIBA 2018

Assalamualaikum Wr. Wb. salam olahraga para coaches , bagi teman - teman yang sedang mencari peraturan bola basket yang ter update  yaitu FIBA RULES 2018. ya, permainan basket sangatlah dinamis, tak terkecuali dalam hal peraturannya dimana pemain di