Skip to main content

Sejarah Bola Basket di Indonesia


Sejarah Bola Basket di Indonesia

Basket adalah merupakan salah satu cabang lahraga yang ter-populer diseluruh belahan dunia, salah satunya di Indonesia. Basket merupakan permainan yan tergolong dalam kategori bola besar (sepak bola,Bola Volly dan Bola Basket) yang sering diperlombakan pada ajang kejuaraan dunia. Anak – anak, remaja sampai orang dewasa banyak yang menggemari permainan ini, namun tak cukup hanya disitu, bola basket iden
tik dengan permainan yang menggunakan otot dan badan yang besar untuk memainkannya. secara tidak langsung terlintas dipikiran kita adalah laki-laki, tetapi meskipun demikian permainan ini digemari pula oleh kaum Hawa yang menambah sisi keseruhan dibalik permaianan bola basket ini. Dibalik kelembutan dari sisi kaum wanita tersebut permainan bola basket yang dilakukan seorang wanita tak kalah menarik untuk disaksikan dan ditonton. Mungkin disini pembaca juga adalah pemain basket pula sehingga mengerti akan atmosfer, keseruan, ketegangan, serta rasa emosional yang begitu terasa pada saat permainan bola basket ini dimainkan, apalagi pada saat tim kesayangan ada bermain atau bahkan anda sendiri yang bermain. Namun apakah anda pernah menengok sedikit kebelakang untuk menyimak mengenai sejarah permainan bola basket itu sendiri ? siapakah yang menemukan permaianan tersebut dan bagaimana perkembangannya hingga bisa seperti saat ini ? mungkin setelah anda membaca artikel yang saya buat ini, kecintaan anda terhadap bola basket akan semakin bertambah dan membuat anda termotivasi untuk mengembangkan minat dan bakat anda dalam bola basket baik untuk diri anda sendiri ataupun bagi orang lain. berikut ulasannya dibawah ini. Keep going untuk baca sejarah ya guys Sampai akhir cerita.
Induk organisasi dunia bola basket adalah Federation International Basketball Asosiation atau dapat disingkat FIBA. Merupakan sebuah wadah/organisasi yang membidangi segala urusan terkait dengan permaianan olahraga bola basket di seluruh dunia dengan membuat edisi buku peraturan yang begitu banyak klasifikasinya, serta menerapkan, memantau, meninjau, menginovasi, mengevaluasi dan mengadakan kompetisi meliputi antar negara. mengenai permainan bola basket yang dimainkan diseluruh dunia, tentunya dalam mengembangkan permainan bola basket ini, federasi internasional tersebut pastinya akan kesulitan menangani berbagai macam pengembangan, inovasi dan masukan dari seluruh belahan dunia untuk mengkoordinirnya, maka dari itu federasi tersebut mulai mengelompokkan zona/wilayah/benua agar dalam mengorganisir dan memantau perkembangan bola basket diseluruh wilayah dunia akan lebih mudah untuk di koordinasikan. Wilayah – wilayah tersebut dibagi sesuai benua masing-masing negara. Contoh : FIBA ASIA, FIBA OCEANIA, FIBA AFRIKA, FIBA AMERIKA dan FIBA EROPA. Mereka semua mengdakan kompetisi lntas negara di masing-masing wilayah / benua mereka.
Dari pembagian wilayah tersebut, setiap federasi wilayah memiliki tugas dan wewenang masing-masing yang telah mendapat penugasan dari federasi internasional. Tidak hanya itu, kepedulian demi majunya olahraga bola basket di tuangkan dalam pembentukan federasi nasional di masing-masing negara demi memantau kemajuan dan pembenahan kearah yang lebih baik.
Federasi nasional tersebut memiliki tugas yang berbeda, sebagai contoh salah satu tugas utamanya adalah untuk menyelenggarakan sebuah kompetisi nasional yang sistematis dan terintegrasi demi terwujudnya dan terciptanya pemain-pemain basket yang handal dan profesional. Serta mengurus mengenai hal apapun yang menyangkut tentang pembentukan atlet basket nasional maupun wasit nasional. Dapat disimpulkan federasi basket nasional bertugas untuk mengurusi segala sesuatu yang menyangkut urusan – urusan mengenai bola basket ditingkat nasional suatu negara.
Di negara kita, Indonesia memiliki induk organisasi bola basket nasinal yaitu persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau dapat disingkat PERBASI. pada tahun 1951-23 Oktober PERBASI didirikan 3 tahun setelah kemerdekaan Indonesia. Dalam hal ini, perbasi adalah satu – satunya induk organisasi bola basket nasional yang resmi di Indonesia.
Dari uraian di atas, apakah anda pernah berpikir siapakah penemu permainan ini ? jawabannya simple yaitu seorang terpelajar bernama James Naismith. James pada awalnya menemukan permainan ini pada saat diberikan tugas oleh gurunya untuk menemukan permainan yang menggunakan rumus fisika dalam penerapan permainannya, dan lahirlah bola basket tersebut. Smith atau bisa disapa james dulunya berprofesi sebagai guru pendidikan jasmani di YMCA international training school di Springfield, massachusetts tahun 1891. Permaiann bola basket sendiri mulai dikenal pada tahun 15 Desember 1891. Pada awalnya setiap tim beranggotakan 9 orang dan permaiannya masih belum ada Dribble, sehingga perpindahan bola hanya melalui passing/umpan saja.

dan bola baket masuk ke Indonesia sejak jaman perang hindia-belanda di Indonesia, meskipun negara kita belum merdeka, namun karena pada saat itu Indonesia menjadi negara yang dilewati dan disinggahi oleh para pedagang dari negara-negara se-Asia, basket mulai dibawa masuk oleh etnis China, disini kita sering melihat bahwa basket di dominasi oleh permainan keturunan china bila kita menyaksikan kejuaraan - kejuaraan antar sekolah baik tingkat SMP atau SMA, ini dikarenakan setiap sekolah yang dikelola oleh etnis keturunan china terebut setidaknya memiliki satu lapangan basket yang baik dan sarana yang memadahi, sehingga dapat memudahkan untuk mencari bakat seorang pemain basket. permainan tersebut dibawa masuk pada tahun 1920-an ke Indonesia dan berkembang dengan baik di kota-kota besar yang kita kenal. bahkan sebelum Inodensia merdeka pun kita sudah memiliki klub - klub lokal dan di pertandingkan di kejuaran layaknya PON. meskipun seperti itu kegiatan ini masih dikendalikan oleh Hindia-Belanda.

dan kompetisi resmi dari catatan sejarah adalah KOBATAMA (1982) - IBL dan WIBL (2003-2009) - NBL dan WNBL (2010-2015) - IBL dan WIBL (2016 - sekarang).

Demikian uraian artikel yang saya buat, semoga bermanfaat bagi yang membaca ini, untuk masukan dan kritikan silahkan komentar di bawah ya ... :D

Comments

Artikel Minggu Ini

Menjadi Pelatih Basket Lisensi C

How To Become a Elementary  Basketball Coach Mengenal Filosofi dalam melatih Bola Basket Tingkat SMP Se-derajat Bagaimana Menjadi seorang pelatih Basket tingkat dasar Assalamu’alaikum Wr. Wb. Salam olahraga, Kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu  yang saya miliki dalam hal bagaimana menjadi seorang pelatih basket, baik usia dini atau usia anak-anak dengan penjelasan materi dasar Penataran Lisensi Pelatih basket. Sebelum saya mulai ke materi inti, saya akan memperkenalkan latar belakang saya dalam dunia kepelatihan olahraga bola basket. Saya adalah seorang pelatih bola basket tingkat SMP sederajat di salah satu sekolah swasta di surabaya, saya melatih kurang lebih sudah sampai 3 tahun terhitung sejak  tahun 2013,